Mengapa Gunung Salak "Angker"?


Gunung Salak saat ini menjadi perbincangan banyak orang. Bukan semata karena keindahannya yang terkenal, namun karena banyak orang beranggapan gunung tersebut terkenal dengan keangkerannya. Sejak tahun 200 an saja setidaknya sudah ada 7 pesawat yang pernah jatuh di wilayah Gunung Salak. Banyak misteri yang tersimpan di Gunung Salak dan menjadikannya terkenal sebagai gunung yang Angker. Beberapa misteri Gunung Salak tersebut antara lain :
  • Banyaknya makam Raja dan makam kuno. Di Gunung Salak setidaknya ada 40 makam kuno. Disamping itu Di Gunung salak juga banyak terdapat banyak petilasan, yang terkenal diantaranya adalah petilasan Prabu Siliwangi di kaki Gunung Salak. Setidaknya ada 91 lokasi petilasan di gunung salak. Begitu banyaknya makam raja, makam kuno dan petilasan-petilasan suci menjadikan Gunung Salak Angker di mata masyarakat. Banyak masyarakat yang berkeyakinan bahwa tidak boleh melewati kawasan tersebut dengan membawa rasa kesombongan atau keangkuhan.
  • Kawah Ratu sebagai kawah yang keramat dan berbahaya. Banyak korban yang meninggal dunia di wilayah ini. Di Kawah Ratu masih terdapat sulfur dan belerang. Kawah tersebut dapat tiba-tiba mengeluarkan asap belerang yang dapat meracuni orang hingga tewas.
  • Adanya mitos Prabu Siliwangi. Konon Prabu Siliwangi (Raja Padjajaran-red) saat menghindari kejaran Kian Santang menghilang di Gunung Salak. Prabu Siliwangi bersembunyi di belantara kemudian terkepung.Konon Prabu Siliwangi meloloskan diri dengan mengapung ke udara, hingga tempat menghilangnya Prabu Siliwangi tersebut kemudian dinamakan ‘pengapungan’. Lokasi 'Pengapungan' tidak jauh dari Kawah Ratu. Hingga saat ini kuburannya Prabu Siliwangi belum diketahui letaknya.
  • Cuaca di puncak Gunung Salak yang sering dan cepat sekali berubah. Sering terjadi saat terik matahari lalu dengan tiba-tiba turun hujan dan kabut tebal. Inilah yang sering dialami oleh para pendaki Gunung Salak dan juga mengganggu penerbangan. Dengan cuaca yang sering dan cepat sekali berubah membuat pesawat komersil jarang melintas di atas gunung tersebut, hanya helikopter atau pesawat militer yang biasa melintas.
  • Lokasi pernikahan manusia dan jin. Ada sebagian orang yang meyakini bahwa Gunung Salak merupakan lokasi tempat pernikahan antara manusia dan jin.
  • Tempat penyimpanan harta. Ada juga mitos yang menyebutkan karena keangkerannya Belanda menyimpan harta emasnya di gunung Salak saat menjajah Indonesia.

6 comments:

Yupi ansori said...

apakah benar demikian.........?

yupi ansori said...

Benarkah demikian

Anonymous said...

Tenang broo, nanti saya tanya sama mbah jambrong.

Anonymous said...

Tennang bro, nanti saya tanya sama mbah Jambrong

Unknown said...

aturan pilot pesawat yg mau melintas tu dikasih tau sebelumnya klo disana ada salak segede gunung..

Unknown said...

aturan semua pilot pesawat yg mw melintas tu dikasih tau sebelumnya klo disitu ada salak segede gunung biar ga ditabrakkkk

Post a Comment