Indonesia Masuk Top 10 Lokasi Tumbukan Asteroid

Asteroid atau planet minor atau planetoid adalah benda yang memiliki ukuran lebih kecil daripada planet namun lebih besar dari meteoroid. Letak asteroid pada umumnya di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Kenampakan visual asteroid berbeda dengan komet, komet menampakkan ekor sementara asteroid tidak. Jika asteroid menghantam planet Bumi, tentunya akan menjadi ancaman bagi kehidupan manusia.

Menurut penelitian Wide Field Infrared Survey Explorer (milik NASA) paling tidak sudah terkumpul 107 sampel asteroid yang diperkirakan berbahaya. Lebih jauh hasil penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa ada sekitar 47 ribu asteroid yang menjadi ancaman. Kategori ini berdasarkan massanya, Minimal lebar semua asteroid itu sekitar 330 kaki. Melalui misi NEOWISE, penelitian NASA menemukan jarak orbit asteroid ini sekitar 5 juta mil dari Bumi. Diperkirakan dengan jarak seperti ini dapat membahayakan bumi.

Hasil penelitian para peneliti memakai software NEOimpactor di di University of Southampton telah mengompilasi data asteroid itu dengan tempat-tempat di bumi yang diperkirakan menjadi lokasi tumbukan. Ada 10 negara yang diperkirakan paling besar menjadi lokasi tumbukan. Ke 10 negara tersebut salah satunya Indonesia, disamping China, India, Jepang, Amerika Serikat, Filipina, Italia, Inggris, Brazil, dan Nigeria.

0 comments:

Post a Comment