Teknik Receiver Function Langston & Owen

Langston (1979, Owen (1984) dkk menggunakan prosedur source-equalization untuk menentukan struktur kecepatan kerak dan mantel atas dibawah stasiun penerima.Mereka menyatakan bahwa gelombang teleseismik D(t) yang terekam pada salah satu stasiun secara teoritis dapat dinyatakan dalam :



Dimana V, R serta T berturut turut komponen Vertikal, Radial dan Tangensial. I(t) adalah respon instrumen sistem perekaman, S(t) terdiri dari efek sumber seismik & kedalaman mantel sementara E(t) efek struktur kerak & mantel atas. Asterik adalah konvolusi

tujuan utama dari proses source-equalization adalah untuk mengisolasi struktur kerak dan mantel atas dari faktor lain yang mempengaruhinya. Asumsi dasar yang paling penting dalam teknik ini adalah :
dengan begitu :
Selanjutnya, diasumsikan respon instrumen dipertarungkan antar komponen, source dan efek mantel bawah pada komponen radial dapat dihilangkan dengan dekonvolusi komponen vertikal Dv(t) dari komponen radial DR(t).

Pada kenyataannya, prosedur untuk melakukan dekonvolusi adalah dengan membagi spektrum komponen radial dengan komponen vertikal pada domain frekuensi. Proses ini dinyatakan dalam :

Untuk mereduksi pengaruh noise yang ditimbulkan, substitusi proses water level (Day-sarkar dan wiggins, 1976) menghasilkan :


dimana



sehingga pada akhirnya akan memberikan persamaan akhir :





merupakan komplek konjugat dari




0 comments:

Post a Comment