Memaknai Kurban

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya Aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!" ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar (QS: 37: 102)

Kurban tidak sama dengan korban, apalagi dengan surban/sorban ( kok plesetan he...he..) . Kurban secara harfiah berarti mendekatkan, artinya mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta dan mendekatkan diri kepada sesama, khususnya mereka yang sengsara. Jika puasa berarti merasakan lapar seperti orang yang miskin, maka berkurban berarti mengajak mereka yang kelaparan untuk merasakan kenyang seperti kita. Jadi ada makna sosial dalam ibadah kurban. Bagi yang berkurban berarti mereka telah menumbuhkan solidaritas sosial, mengurangi kesenjangan. Akan sangat luar biasa jika setelah hari raya kurban pun mereka tetap mau berbagi kebahagiaan.

Dari sisi sejarah, hari Kurban merupakan peringatan atas pengalaman rohani Nabi Ibrahim AS bersama anaknya, Ismail dan Siti Hajar, dalam menghadapi kesulitan akibat kekeringan di daerah Mekah. Peringatan yang lebih lengkap yakni dengan dilaksanakannya ibadah Haji di Tanah Suci. Nabi Ibrahim diuji untuk membunuh "berhala". Berhala disini adalah rasa cinta yang berlebihan terhadap anaknya Nabi Ismail AS. Jika kita renungkan, rasa cinta yang berlebihan terhadap anak dapat membuat kita berbuat kezaliman. Contohnya kezalimannya silahkan teman-teman cari sendiri.
Apa filosofi kurban? Kenapa yang dikurbankan adalah hewan? Menurut pendapat saya, secara simbolik kita harus bisa membunuh/membuang jauh-jauh sifat kebinatangan. Sifat rakus, tamak dan sifat-sifat kebinatangan yang lain harus di sembelih dari hati kita.

Kesimpulan

Kurban memiliki dua tujuan, yakni tujuan vertikal dan tujuan horisontal. Tujuan vertikal yakni tujuan mendapat ridho Sang Maha Pencipta. Dan tujuan sosial adalah meningkatkan solidaritas terhadap sesama yang membutuhkan.

---------------Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H---------------

0 comments:

Post a Comment