Inversi RF Untuk Studi Struktur Kerak Bumi


Receiver Function adalah time series yang menunjukkan respon struktur bumi dekat receiver.

Analisa Receiver Funtion (RF) merupakan salah satu teknik yang telah dikembangkan untuk studi struktur perlapisan kerak bumi dengan menggunakan data dari sebuah stasiun dengan 3 komponen seismometer. Lain halnya dengan teknik tomografi maupun array yang melibatkan banyak stasiun, maka analisa RF sangat cocok diterapkan pada setiap stasiun pengamatan gempa bumi karena cukup efisien untuk mengetahui struktur kerak bumi dibawah stasiun pengamatan gempa bumi.

Dalam teknik RF penjalaran gelombang teleseismik yang melewati batas mantel dan kerak akan mengalami konversi fase dimana gelombang fase P akan mengalami konversi menjadi fase S dan pantulan-pantulan gelombang P dan S tersebut akan terekam dengan amplitudo yang paling besar pada komponen horisontal dibandingkan dengan komponen vertikalnya.

Receiver Function didapatkan melewati pemisahkan efek dari fungsi sumber dan respon instrumennya, dimana akan diperoleh sinyal yang merupakan hasil konversi gelombang P menjadi S hasil interaksi dengan struktur kerak di bawah stasiun. Inversi dari receiver function ini akan menghasilkan struktur perlapisan dari kecepatan gelombang S dibawah stasiun


0 comments:

Post a Comment