Aerosonde


Aerosonde merupakan teknologi baru yang makin banyak dipakai dalam observasi dan penelitian di bidang meteorologi, lingkungan maupun bidang-bidang lainnya. Dengan kemampuan dan kapasitas beroperasi lebih dari dua hari secara terus menerus dan cakupan wilayah mencapai 5.000 km, Aerosonde memberikan fleksibilitas yang tinggi dan biaya yang relatif lebih murah untuk pengamatan secara luas di bidang meteorologi maupun lingkungan.

Aerosonde mampu menggantikan sebagian pekerjaan dari pesawat berawak, sehingga lebih menghemat biaya dan mengurangi resiko karena menghilangkan faktor keselamatan awak pesawat disamping dapat beroperasi penuh dalam kondisi resiko tinngi termasuk beroperasi pada malam hari. Aerosonde dapat beroperasi di bawah awan dan dalam kondisi-kondisi dimana satelit kurang efektif.

Aerosonde dapat dilengkapi instrumen pendukung yang dapat dioperasikan antara lain kamera digital atau instrumen standar meteorologi (Pressure, Temperature, Humidity).

Aplikasi Aerosonde antara lain untuk validasi produk satelit, aplikasi dalam mendukung pengumpulan data-data meteorologi pada suatu daerah dengan resiko tinggi untuk pengambilan datanya. Dalam atmospheric profiling dan studi perubahannya, Aerosonde dapat diaplikasikan sebagai halnya radiosonde. Aerosonde dapat diterbangkan dalam kondisi badai dan angin topan. Pengguna teknologi Aerosonde dapat memanfaatkan data-data meteorologi maupun lingkungan yang sebenarnya dan real time selama Aerosonde beroperasi.

0 comments:

Post a Comment