Large quake 'likely' in Sumatra

Merujuk kembali gempa sumatra 2004, isu gempa dan tsunami besar yang akan melanda Indonesia dan negara negara di pinggir pantai samudera hindia kembali berhembus di penghujung tahun.

Kali ini kantor berita Al Jazeera tgl 12 Desember mewartakan pernyataan dari scientist California Institute of Technology (CALTECH).

The team of scientists led by Kerry Sieh, of the California Institute of Technology, in reporting their findings in Friday's edition of the journal Science, said the next great quake and tsunami in Sumatra were likely to occur "within the lifetimes of children and young adults living there now".

"We can expect one or more very large west Sumatran earthquakes within the next two decades"

Kerry Sieh, California Institute of Technology
Sieh, who is the director of the Earth Observatory of Singapore, a part of the US research team, told Al Jazeera that corals off the Sumatran coast showed a major earthquake had happened every 200 years since 1300.

Terlepas dari ramalan atau bukan, pernyataan ini tentunya merupakan peringatan bagi kita untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa besar yang akan kembali melanda Indonesia sebab potensi-potensi gempa besar besar masih ada di sekitar zona subduksi di bagian sebelah barat sumatra yang sewaktu waktu pasti akan terjadi. Potensi gempa besar tidak akan pernah habis selama aktivitas tektonik masih berlangsung.

Hal paling penting bagi kita tentu saja waspada dan waspada..


0 comments:

Post a Comment