Analisa Temporal Gempa Manokwari

Gempa Manokwari masih menyisakan banyak pertanyaan. Sebagaimana kita tahu, tanggal 4 Januari 2009 di manokwari terjadi dua gempa besar pada tempat yang sama dan rentang waktu yang tidak terlalu lama. Model gempa semacam ini memang pernah terjadi pula di Sumatera Barat dan Bengkulu tahun 2007 silam. Gempa 4 Januari 2009 ternyata juga memicu adanya tsunami.
Inilah yang menjadi pertanyaan sampai saat ini, karena pusat gempa sebagaimana dilansir BMKG maupun USGS tidak di lepas pantai. Untuk kesempatan ini, saya tidak akan menganalisa dari sisi tsunami yang dibangkitkan, namun akan sedikit menganalisa secara temporal gempa Manokwari berikut gempa gempa susulan yang dibangkitkannya.

Analisa penurunan gempa susulan untuk daerah manokwari berdasarkan data-data yang saya olah paling mendekati adalah dengan metode Mogi-2 yang memberikan hasil sekitar 27 hari dengan koefisien korelasi 96 % sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut :

Photobucket


sementara peta periode ulang gempa dengan skala 6.5 dan 7 dari data yang saya olah (data USGS 1973- Januari 2009) didapatkan hasil sebagai berikut :

Photobucket

0 comments:

Post a Comment