Studi Perubahan b-value terhadap Waktu

Studi perubahan b-value terhadap waktu sebenarnya sudah banyak dilakukan, salah satu tujuannya untuk membuktikan layak tidaknya dijadikan sebagai precursor gempabumi baik dalam skala short-term, medium term maupun long-term.

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa gempa-gempa besar dalam skala medium-term sering didahului dengan peningkatan b-value kemudian diikuti penurunan dalam beberapa minggu atau bulan sebelum kejadian gempabumi tersebut.

Photobucket Photobucket

Penelitian yang dilakukan oleh Molchan dkk (1999) baik dengan katalog regional maupun global menemukan bahwa b-value dari gempa-gempa pendahuluan turun sampai 50 % sebelum kejadian gempa utama.


Menarik tentunya apabila kita juga melakukan studi-studi perubahan b-value untuk kejadian-kejadian gempa di Indonesia. Bahkan kalau memungkinkan, pengamatan perubahan b-value bisa dilakukan secara kontinyu sehingga akan memberikan hasil yang bias dipakai sebagai salah satu precursor gempa besar di Indonesia.

Lalu langkah-langkah apa sajakah yang diperlukan dalam studi variasi b-value terhadap waktu ini?

Untuk melakukan studi variasi b-value terhadap waktu, kita bisa menggunakan metode sliding time-window. Kelompok gempabumi dipilih dari katalog gempa, kemudian b-value dihitung pertama kalinya dengan jumlah even tertentu misalkan N. Kemudian window digeser dengan waktu yang berhubungan dengan bilangan even tertentu, misalkan saja N/10 even. Langkah selanjutnya menghitung b-value untuk kelompok data yang baru. proses ini diulang terus sampai even terakhir tercapai.

4 comments:

Pia said...

oo, bisa untuk prediksi juga y mas??

Bambang Sunardi said...

lebih tepat dibilang sebagai prekursor mungkin. kalo bicara soal prediksi gempa sampai saat ini masih menjadi perdebatan para ahli

Anonymous said...

nah kalo untuk Precusor, berarti tiap ada kejadian gempa dihitung b-valuenya y..??? kan kita gak kapan gempa utamanya...

Bambang Sunardi said...

nah.. itulah gunanya penelitian. Di Indonesia masih jarang yang melakukan analisa variasi parameter tektonik vs waktu, Mungkin ga sempat melakukannya. Studi kasus beberapa gempa besar oleh para ahli banyak yang memberikan indikasi adanya perubahan variasi nilai-b menjelang kejadian gempa skala besar

Post a Comment