Foto Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

Sempat putus asa karena terhalang mendung, akhirnya fenomena alam gerhana matahari cincin (GMC) yang terjadi Senin 26 Januari 2009 dapat dinikmati juga dari Lampung. Namun, hanya sebagian fase GMC yang terlihat jelas. Inilah sebagian foto-foto gerhana matahari cincin yang berhasil diabadikan tim puslitbang BMG.


Dari 2 jam 33 menit proses Gerhana Matahari Cincin, yang terlihat jelas hanya sekitar 1 jam 22 menit. Dari lima fase GMC, proses yang mulai terjadi sekitar pukul 15.19 sempat teradang mendung dan hujan gerimis.




Proses gerhana baru terlihat kembali menjelang puncak GMC sekitar pukul 16.40. Fase puncak GMC terjadi sekitar pukul 16.42. Pada fase ini, posisi bayangan bulan tepat berada di tengah-tengah matahari meski tidak seluruh permukaan matahari tertutup bayangan bulan (hanya 92 persen). Karena saat itu puncak gerhana, matahari terlihat seperti cincin yang memancarkan sinar di langit. Sedangkan bagian tengah matahari tertutup bulan sehingga tampak gelap.


Sementara itu, peristiwa GMC di Lapangan Pemkab Lamteng diabadikan sejumlah peneliti dari Jepang. Dengan peralatan lengkap, para profesor asal negara Sakura tersebut melakukan penelitian mulai proses awal GMC hingga berakhir.



Foto- foto lain saat pengukuran dampak gerhana matahri cincin terhadap fenomena meteorologi dan geofisika dapat dilihat disini

0 comments:

Post a Comment