ZMAP : a Software Package to Analyze Seismicity

ZMAP adalah satu tool yang telah berupa GUI yang dirancang untuk membantu para seismologist dalam menganalisa katalog gempa. ZMAP pertama kali diperkenalkan oleh Stefan Wiemer's pada tahun 1994.

Beberapa kemampuan dan aplikasi-aplikasi dari ZMAP yang bisa dimanfaatkan antara lain dalam penilaian kualitas katalog gempa dan eksplorasi data, Pemetaan nilai-nilai b (b value) di bawah suatu gunung api untuk menduga informasi lokasi magma, Estimasi perubahan seismisitas yang disebabkan oleh suatu gempa bumi yang besar, Stress-tensor inversion pada suatu grid untuk mengukur heterogenitas medan stress, Pemetaan magnitudo dari pelaporan yang lengkap dan aplikasi lain yang masih banyak bisa kita dapatkan dari ZMAP.

Tool yang bisa kita temui di dalam ZMAP antara lain Histogram, Data Import, Catalog Comparison, Time series Analysis, Data Subset Selection, Map, Genas, Declustering, Mapping seismicity Rates, Aftershock Decay rates, Frequency-magnitude Distribution, Magnitude of Completeness, Fractal Dimension, Quarry Maps, Time to Failure, Stress Tensor, Cumulative Misfit yang masing masing tentu saja memiliki tujuan.


3 comments:

luvvy.ae said...

caranya dapat data Zmap bagaimana ya pak...??
saya mahasiswa Universitas negeri surabaya... semester akhir. tertarik sama Zmap,tapi cari datnya susah bgt!!!
disuruh dosen pembimbing saya untul ngirim email ke stefen wiemer,tapi blum dapat blesan sama sekali!!!
mmohon bantuannya pak....

ini alamat email saya italutfia@ymail.com

rix said...

permisi pak mau tanya cara nambah katalog data dan format data katalognya bagaimana pak? terutama format ascii

ini alamat email saya
rixmantap@yahoo.co.id

Bambang Sunardi said...

@ rix
kemarin saya sudah kirim email ke anda.. thanks

Post a Comment